Selasa, 18 Oktober 2011

Sistem Informasi Akuntansi terapan

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
NAMA : Rio S Wibowo
NIM       : 10390100024
Pertemuan 1
o   Sistem : Kumpulan dari rangkaian komponen – komponen yang saling berkaitan untuk tujuan tertentu.
o   Akuntansi : suatu proses mengidentifikasi, mengukur, melaporkan, untuk menghasilkan sebuah informasi dan untuk menghasilkan sebuah keputusan.
      •   Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu kerangka kerja yang terintegrasi pada suatu entitas yang melibatkan sumberdaya untuk mentransformasikan data ekonomi kedalam bentuk informasi keuangan yang digunakan untuk :
-  Membentuk operasi dan aktifitas dalam lembaga
-  Menyediakan informasi tentang entitas tersebut
o   Komponen sistem
-  Orang
-  Prosedur
-  Data
-  Aplikasi / software
-  Infrastruktur teknologi informasi / komputer
o   Fungsi penting SIA dalam organisasi
o      Menumpulkan data tentang aktifitas-aktifitas yang dilakukan oleh organisasi
o      Mengubah data menjadiinformasi yang berguna bagi pihak management
o   Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset-aset organisasi termasuk data organisasi.
Pengumpulan data adalah proses awal untuk mengevaluasi data yang masuk
o   Subsistem yang terdapat pada SIA :
o   Pemrosesan transaksi
o   Sistem pelaporan buku besar
o   Sistem pelaporan managerial
Dalam SIA ada 2 pemakai informasi akuntansi yaitu:
1.      Pihak ekstern  :
1.      Para langganan
2.      Para leveransir (supplier)
3.      Para pemegang saham (stockholder)
4.      Para pegawai
5.      Para pemberi pinjaman
6.      Instansi Pemerintah
2.       Pihak Intern   : SIA menyiapkan informasi bagi manajemen dengan melaksanakan operasi-operasi tertentu atas semua data sumber yang diterimanya dan juga mempengaruhi hubungan organisasi perusahaan dengan lingkungan sekitarnya.

Fungsi
Setiap sistem informasi akuntansi akan melaksanakan fungsi utamanya yaitu:
1.      Memproses data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen
2.      Memanajemen data-data yang ada kedalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
3.      Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga
4.   Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan

Manfaat SIA
1.      Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
2.      Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
3.      Meningkatkan efisiensi
4.      Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
5.      Meningkatkan sharing knowledge
6.      menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

selamat datang di ..::RL BLOG::.. dan selamat belajar