Selasa, 18 Oktober 2011

Prilaku dalam berorganisasi materi 1

PRILAKU DALAM BERORGANISASI
MATERI 1
NAMA   : Rio S Wibowo
NIM       : 10390100024
Mempelajari prilaku keorganisasian berfungsi
1.       Mencapai tujuan
2.       Menjaga diri prilaku perorangan, kelompok dan struktur dalam berorganisasi
3.       Mencapai efisiensi dan efektifitas
Efisien : Melakukan suatu tujuan dengan benar
Efektif : Mencapai tujuan dengan tepat
Organisasi adalah sebuah sistem yang akan membawa untuk meningkatkan kariyawannya dalam suatu perusahaan atu suatu organisasi untuk mencapai suatu tujuan yang akan dicapai.
Keberhasilan Organisasi
-          Mampu tidaknya manajer menjalankan fungsi manajemennya
-          Tersedianya tenaga operasional yang terampil sesuai dengan bidangnya
-          Tersedianya anggaran yang memadai
-          Tersedianya sarana dan prasarana kerja
-          Adanya mekanisme kerja yang sesuai
-          Iklim kerja yang positiv
FUNGSI MANAJEMEN
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.  
1.       Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
2.       Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
3.       Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
4.       Controlling (Pengendalian) Suatu proses pemantauan prestasi pengambilan tindakan untuk menjamin yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

selamat datang di ..::RL BLOG::.. dan selamat belajar