Selasa, 18 Oktober 2011

Prilaku dalam berorganisasi materi 4

PRILAKU DALAM BERORGANISASI
MATERI 4
NAMA : Rio S Wibowo
NIM     : 10390100024

Motivasi  adalah proses yang menjelaskan intensititas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Motivasi dapat digerakkan oleh kebutuhan (yang kompleks) seseorang, ataupun dorongan dari seorang motivator yang memberi pengaruh motivasi kepada orang lain.

MOTIVASI INTERNAL

Motivasi yang berasal dari dalam diri seseorang. Keperluan dan keinginan yang ada dalam diri seseorang akan menimbulkan motivasi internalnya. Kekuatan ini akan mempengaruhi pikirannya yang selanjutnya akan mengarahkan perilaku orang tersebut. motivasi internal dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu:

1.    Fisiologis yang merupakan motivasi alamiah seperti rasa lapar, haus, dll
2.     Psikologis yang dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori dasar yaitu:
-       Kasih sayang, motivasi untuk menciptakan kehangatan,keharmonisan,
kepuasan batin/emosi dalam berhubungan dengan orang lain.
-       Mempertahankan diri, untuk melindungi kepribadian,menghindari luka fisik dan psikologis, menghindari dari rasa malu dan ditertawakan orang serta kehilangan muka, mempertahankan gengsi dan mendapatkan kebanggaan diri.
-       Memperkuat diri, mengembangkan kepribadian, berprestasi, mendapatkan pengakuan dari orang lain, memuaskan diri dengan penguasaannya terhadap orang lain.

MOTIVASI EKSTERNAL

motivasi eksternal tidak dapat dilepaskan dari motivasi internal. Teori motivasi eksternal menjelaskan kekuatan-kekuatan yang ada di dalam individu yang dipengaruhi oleh faktor intern. Motivasi eksternal biasanya dipahami sebagai usaha untuk mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Misalnya dalam organisasi bagaimana bawahan memimpin anak buahnya/ bawahan atau anggota. Jika disesuaikan dengan materi seperti dalam judul di atas, membahas motivasi internal dipandang lebih tepat untuk dibahas.

Pendekatan Mengenai Motivasi
o   pendekatan tradisional atau dikenal sebagai traditional model of motivation theory,
o   pendekatan relasi manusia atau human relation model
o   pendekatan sumber daya manusia atau human resources model.

Komponen motivasi
Ada tiga komponen utama dalam motivasi yaitu
1.      Kebutuhan
2.      Dorongan
3.      Tujuan
Kebutuhan terjadi bila individu merasa ada ketidakseimbangan antara apa yang ia miliki dan yang ia harapkan. Moslow membagi kebutuhan menjadi lima tingkatan yakni
a.      kebutuhan fisiologis
b.      kebutuhan akan rasa aman
c.       kebutuhan sosial
d.     kebutuhan akan penghargaan diri
e.      kebutuhan aktualisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

selamat datang di ..::RL BLOG::.. dan selamat belajar